Ilmu Komunikasi

PROFIL

Ilmu Komunikasi (ILKOM) UNIBI merupakan program studi yang telah berdiri sejak tahun 2007, pada awalnya berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi. Namun sejalan dengan perkembangan kini, Program Studi Ilmu Komunikasi (ILKOM) berada di bawah naungan Fakultas Komunikasi dan Desain Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia (UNIBI). Program Studi Ilmu Komunikasi UNIBI sudah terakreditasi oleh BAN - PT (Badan Akreditas Nasional Perguruan Tinggi) dengan No. 522/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2015.

Program Studi ILKOM UNIBI mempunyai dua konsentransi peminatan : Ilmu Jurnalistik dan Komunikasi Bisnis. Untuk mendukung kegiatan perkuliahan ILKOM UNIBI mempunyai fasilitas Ruang Kelas yang representatif, Lab. Fotografi, Lab.Audio Visual (Lab. Televisi dan Lab. Radio) dan Lab. Komputer Multimedia. ILKOM UNIBI didukung oleh dosen-dosen dengan jenjang S3 serta S2 merupakan lulusan perguruan tinggi negeri serta swasta terbaik yang ahli di bidang akademisi juga praktisi media maupun bisnis.

VISI

Menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan serta keahlian komunikasi dan memiliki jiwa entrepreneur di bidang komunikasi bisnis dan jurnalistik yang berbasis teknologi informasi digital pada 2025.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bertaraf nasional di bidang ilmu komunikasi bisnis dan jurnalistik yang berbasis teknologi informasi digital.
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang berguna bagi kemajuan civitas akademika, bangsa dan negara melalui kegiatan penelitan di Bidang Ilmu komunikasi yang berbasis teknologi informasi digital.
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat berupa sumbangsih pemikiran, pengetahuan dan penyuluhan melalui implementasi ilmu komunikasi berbasis teknologi informasi digital yang bermanfaat bagi masyarakat.
  4. Mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi tenaga profesional yang memiliki semangat entrepreneur dan menguasai teknologi digital di bidang Ilmu Komunikasi.
  5. Membangun jaringan kerjasama dengan stakeholder sesuai bidang komunikasi bisnis dan jurnalistik.

TUJUAN

Program Studi ILKOM UNIBI bertujuan menghasilkan tenaga profesional di bidang komunikasi bisnis dan jurnalistik yang memiliki :

  1. Kompetensi berupa teori, konsep dan praktek yang dapat bersaing di skala nasional
  2. Jiwa entrepreneur yang berbasis teknologi informasi digital
  3. Pemikiran yang inovatif, logis, sistematis dan kritis yang berbasis teknologi informasi digital
  4. Perilaku yang didasari nilai, moral dan etika profesi dalam melaksanakan tugas secara mandiri maupun di lembaga terkait
  5. Etika dan kepribadian yang mencerminkan lulusan perguruan tinggi dan sesuai dengan budaya bangsa.