Kuliah Lapangan Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi UNIBI Ke Ardan Group

Kamis, 15 Juni 2017
Oleh : Admin
Gambar Pertama Gambar Kedua

Agenda tahunan media visit Prodi Ilmu Komunikasi ke radio kembali digelar. Kegiatan tersebut tahun ini merupakan lanjutan kerjasama akademik antara prodi Ilmu Komunikasi dengan Ardan Group yang sebelumnya telah dilaksanakan workshop di kampus UNIBI. Kuliah lapangan mata kuliah Penyiaran ke Radio Ardan Group Bandung berjalan dengan baik dan berlangsung sesuai dengan rencana. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 13 April 2017 bertempat di Radio Ardan FM jalan Cipaganti No. 159 Bandung, dan dihadiri oleh 21 orang yang terdiri dari 16 mahasiswa mata kuliah Penyiaran, 1 dosen pengampu mata kuliah, dan 4 fotografer.

Kegiatan ini dimaksudkan agar mahasiswa tidak hanya mendapat pengajaran dari kampus saja, tetapi juga mengetahui dunia kerja yang akan mereka tempuh dan perlu mendapatkan pengalaman di luar kampus sebagai penyempurnaan. Pelaksanaan pendidikan di dalam kampus dititikberatkan pada pengembangan kreativitas, pembekalan dasar keahlian dan pengembangan wawasan keilmuan akademik. Selain belajar di kampus mahasiswa juga dapat belajar di lapangan, dengan adanya kegiatan seperti ini mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi menjadi lebih mengetahui bagaimana situasi di dunia kerja yang sebenarnya.

Kegiatan pertama dibuka oleh perkenalan 2 orang narasumber perwakilan Ardan crew dan dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai profil perusahaan Ardan Group yang disampaikan oleh Indra Adjie selaku penyiar Radio B, serta materi mengenai dunia siaran dan radio oleh penyiar sekaligus Public Relations Ardan Group, Ferally Mahardhika Sutejo. Mahasiswa terlihat sangat antusias ketika sesi tersebut, terlihat dari sesi tanya jawab yang ditanyakan oleh hampir semua mahasiswa pada crew Ardan Group yang penasaran mengenai seluk beluk proses siaran radio.

Setelah penyampaian materi mengenai perusahaan dan siaran, dilanjutkan dengan company tour Ardan Group. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk melihat langsung berbagai kegiatan tim kreatif, proses siaran, proses produksi radio dan semua kegiatan yang dilakukan oleh crew di kantor Ardan Group. Ardan Group terdiri dari 3 stasiun radio terkenal di Bandung yang masing-masing memiliki segmentasi yang berbeda: Radio Ardan 105.9 FM untuk pendengar muda, Radio B 95.6 FM untuk muda eksekuif listeners, dan Radio Cakra 90.5 FM untuk pendengar yang menyukai lagu dangdut.

Di akhir kegiatan, diadakan sesi foto bersama crew Ardan Group dan penyerahan plakat sebagai tanda terimakasih atas dukungan Ardan Group terhadap kegiatan media visit sebagai bagian dari kuliah lapangan oleh dosen Shinta Hartini Putri, S.Ikom., M.Si. Kunjungan ke media ini diharapkan dapat terus berlanjut karena tentu banyak manfaat yang didapatkan. (ilkom*)