KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT WORKSHOP ART ACTIVITY FOR MANAGE PARENTING STRESS

Rabu, 03 Januari 2018
Oleh : Admin
Gambar Pertama

Program Studi Desain Komunikasi Visual telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang merupakan bentuk konkrit salah satu kewajiban Tridharma Perguruan Tinggi. Kegiatan ini sebagai bentuk aplikasi konkret dari ilmu yang dimiliki setiap dosen dan diharapkan berguna bagi masyarakat peserta PKM tersebut.

Workshop yang dilaksanakan pada hari Kamis, 7 Desember 2017 pukul 09.00-12.00 bertempat di TKIT Muthmainnah yang berlokasi di Komplek Cibaduyut Permai, Jalan Prambanan B3 Bandung, mengangkat tema workshop Art Activity for Manage Parenting Stress. Tema tersebut dipilih berdasarkan fenomena yang ditemui di kalangan ibu-ibu muda, mereka merupakan kalangan yang rentan terkena gejala stress, depresi, baby blues bahkan post partumdepression. Berbagai gelaja psikologis ini sebenarnya dapat dikenali dan ditanggulangi sebelum menyebabkan efek yang lebih berbahaya. Salah satu solusi penanggulangan gejala psikologis yang melanda ibu-ibu muda dalam pengasuhan anaknya adalah melalui art secara umum, dan therapeutic art secara khusus. Therapeutic art sendiri merupakan sebuah sarana terapi yang menggunakan media berkesenian, diperuntukkan khususnya bagi mereka yang tidak bisa menyampaikan beban masalahnya secara verbal.

Kegiatan ini sukses dihadiri 23 orang ibu muda yang juga merupakan orangtua/wali dari murid yang bersekolah di TK tersebut. Workshop ini terdiri dari dua sesi, sesi pertama diisi oleh Citra Kemala Putri, S.Sn., M.Ds. sebagai pemateri introduksi proses dasar menggambar, dan Mischa Indah Mariska, M.Psi.Psikolog sebagai pemateri introduksi mengenai parenting stress. Sesi kedua dilanjutkan dengan materi therapeutic art dan materi proses kreasi serta apresiasi. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Program Studi Desain Komunikasi Visual, Diwan Setiawan, S.Ds., M.Sn. dan turut didukung oleh Artemedia Art supplies, Sakura, Minimyth Kingdom, Kotakmainmainan dan biro psikologi Rumah Kandara.

Workshop ini bertujuan dapat mengedukasi ibu-ibu muda tersebut dalam mengenali gejala stress dan dapat menanggulanginya secara mandiri, sehingga memperkecil persentasi ibu yang terjangkit depresi dan post partum depression yang dapat membahayakan lingkungan umum dan lingkungan keluarganya.