Be A Great Announcer With ILKOM UNIBI

Selasa, 24 Oktober 2017
Oleh : Admin
Gambar Pertama Gambar Kedua

Sabtu, 21 Oktober 2017 – Prodi Ilmu Komunikasi UNIBI melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan mengangkat tema "Be a Great Announcer with ILKOM UNIBI" di Kampus Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia, Jalan Soekarno-Hatta No. 643 Bandung.

Kegiatan ini berupa Workshop dan Lomba Penulisan Script serta Siaran Radio yang diikuti oleh siswa-siswi SMK/SMA maupun mahasiswa yang berada di wilayah  Bandung Raya. Peserta pada kegiatan ini berjumlah 71 orang, dengan pemateri dari dosen-dosen Prodi Ilmu Komunikasi UNIBI yang berkompeten di bidang penyiaran, yaitu Rachmawati W, M.I.Kom, Shinta Hartini P, S.I.Kom., M.Si, Vanda Sanderiana, M.I.Kom. Selain para dosen sebagai akademisi, kegiatan ini menghadirkan seorang praktisi radio, Galih Gie (penyiar) dari Hits Radio Bandung. Kegiatan yang berlangsung berselama 6 jam ini dipandu oleh MC bertalenta, Indah Sari, M.I.Kom.

Pembekalan ilmu yang diberikan kepada peserta berupa pengenalan Prodi Ilmu Komunikasi UNIBI dan materi tentang basic announcing di radio, baik penulisan script juga teknik penyiaran. Setelah pembekalan materi dari dosen-dosen Prodi Ilmu Komunikasi dan praktisi radio, dilanjutkan dengan workshop penulisan script yang diikuti oleh seluruh peserta dengan mengangkat tema “Prodi Ilmu Komunikasi UNIBI” atau “How to be a Great Announcer”.

Puncak kegiatan workshop dan lomba ini adalah pada saat diumumkannya Top 10 Scriptwriter yang telah diseleksi dan terpilih oleh tim juri yaitu Dadang (MAN 2 Bandung), Aldi Ramadhan (SMK Bandung Timur), Ani Nurhayanti (SMK Informatik Bandung), Rifna Alfiyah (Menejemen Bisnis UNIBI), Rismawati (Desain Komunikasi Visual UNIBI), Marissa (Ilmu Komunikasi UNIBI), Annisa Noor Maulida (Ilmu Komunikasi UNIBI), Nadif (Ilmu Komunikasi UNIBI), Erik Cahyadi (Ilmu Komunikasi UNIBI), dan Devi Berlian (Ilmu Komunikasi UNIBI).

Lomba siaran radio dilakukan menggunakan salah satu fasilitas laboratorium audiovisual Prodi Ilmu Komunikasi UNIBI. Hasil akhir dinilai oleh para dosen Prodi Ilmu Komunikasi dan Galih Gie, dengan aspek penilaian berupa konten script (bridging, pointer, punchline), kualitas suara, teknik announcimg, wawasan, kreativitas penyajian.

Di akhir kegiatan ditutup dengan pengumuman pemenang dalam 3 kategori berikut: kategori Best Scriptwriter and Announcer sebagai juara utama diraih oleh Annisa Noor Maulida dari Prodi Ilmu Komunikasi UNIBI dan memperoleh hadiah uang tunai sebesar Rp 750.000,- ; .kategori Best Scriptwriter diraih oleh Aldi Ramadhan dari SMK Bandung Timur dan memperoleh hadiah sebesar Rp 500.000,- ; Kategori Best Announcer diraih oleh Dadang dari MAN 2 Bandung dan memperoleh hadiah sebesar Rp 500.000,-.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal bagi peserta untuk berlatih menjadi praktisi radio yang profesional di masa yang akan datang.